AeRohawK

Flying away…

Impresi berkendara Suzuki R3

Leave a comment

Pada 2013 awal mulai berpikir untuk mengganti Xenia Li 2004. Pilihannya Avanza, Xenia atau Ertiga. Pertama yang saya perhatikan adalah jumlah baut rodanya. R3 memiliki baut roda 5 buah , sedangkan rivalnya yakni avanza, xenia, evalia, grand livina jumlah baut rodanya hanya 4 buah. Dengan jumlah baut roda lebih banyak maka asumsinya kaki kaki lebih kuat. R3 memiliki ground clearance 185mm lebih tinggi dari sx 4 yang crossover hanya 175mm. Avanza xenia ground clearance lebih tinggi yaitu 200 mm. R3 dikembangkan dari Suzuki Swift yang juga dipakai oleh Suzuki dalam ajang rally dunia. Hal ini berefek positif handlingnya sangat stabil dan mudah bermanuver. Dengan gigi persneling 3 saya bisa mencapai kecepatan 100 km /jam pada 6000rpm. Konsumsi bbm terbaik yang pernah saya capai terbaik 17,9 km/l. Oktan bahan bakar yang dibutuhkan mobil ini Ron 90 sehingga kita menggunakan campuran 50% premium dan 50% pertamax.
image

Kapasitas angkut mobil ini dapat memuat 8 penumpang termasuk sopir. Bagasi di belakang kursi belakang lebih kecil dari Avanza Xenia tapi R3 memiliki bagasi untuk barang basah dan ada tempat penyimpanan khusus dongkrak yang avanza xenia tidak memilikinya. Rem ABS dan airbag hanya di tipe GX. Akselerasi dari 0-100 km/jam ditempuh dalam 10,8 detik.

Advertisements

Author: A.R. Kurnia

Seorang mahasiswa S-1 Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Memiliki cita-cita untuk menjadi seorang menteri kesehatan pada tahun 2034 lagi. -aamiin-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s